Lembaga lembaga Penyiaran | mahanani

Lembaga lembaga Penyiaran

Baca Juga :

Dalam UU RI No. 32 tahun 2002, pada pasal 13 ayat 2 ditegaskan bahwa jasa penyiaran diselenggarakan oleh:

  1. Lembaga penyiaran swasta
  2. Lembaga penyiaran publik
  3. Lembaga penyiaran komunitas
  4. Lembaga penyiaran berlangganan

image

LEMBAGA PENYIARAN SWASTA, PUBLIK, DAN KOMUNITAS

ASPEK

SWASTA

PUBLIK

KOMUNITAS

1

2

3

4

Definisi

Lembaga penyiaran yang bersifat komersial berbentuk badan hukum Indonesia, yang bidang usahanya hanya menyelenggarakan jasa penyiaran radio atau televisi

Lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum yang didirikan oleh negara, bersifat independen, netral, tidak komersial, dan berfungsi memberikan layanan untuk kepentingan masyarakat.

Lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum Indonesia, didirikan oleh komunitas tertentu, bersifat independen, dan tidak komersial, dengan daya pancar rendah, luas jangkauan wilayah terbatas, serta untuk melayani kepentingan komunitasnya.

Khalayak

Umum, terbuka lebar

Umum, lebih dari satu komunitas

Satu komunitas tertentu saja

Visi

Memberikan hiburan, informasi dan pendidikan, namun semua visi pada implementasinya khususnya untuk produksi dan pemasarannya tetap diperhitungkan berdasarkan prinsip-prinsip pencapaian keuntungan ekonomi.

Meningkatkan kualitas hidup publik. Meningkatkan apresiasi terhadap keanekaragaman ditengah masyarakat dengan harapan menciptakan kehidupan yang harmonis di antara berbagai komunitas yang berbeda.

Meningkatkan kualitas hidup anggota komunitasnya. Secara khusus menjadi lembaga siaran yang bersifat dari, oleh, dan untuk komunitas.

Jangkauan area siaran

Umumnya luas, lebih dari satu propinsi, namun memiliki batasan tertentu.

Bersifat nasional atau daerah. Tetap mengemban misi meningkatkan apresiasi terhadap identitas dan integrasi nasional.

Terbatas, umumnya dalam radius 6 km.

Ukuran kesuksesan

Rating untuk masing-masing program dan pemasukan iklan (rating program yang tinggi akan menarik pemasang iklan)

Kepuasan publik

Kepuasan anggota komunitas

Pemilik/pendiri

Umumnya berbentuk PT, sebagian menjadi PT. Tbk.

Negara atau pemerintah (untuk TVRI, RRI).

Badan hukum nonkomersial, biasanya berbentuk yayasan

Pengambilan keputusan tertinggi

Pemilik modal/para komisaris dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), manajemen operasional akan tunduk pada garis besar ini.

Lembaga supervisi bersama-sama dengan manajemen operasional. Jika lembaga penyiaran publik didirikan oleh pemda atau PT maka lembaga supervisinya harus tetap independen.

Lembaga supervisi komunitas bersama-sama dengan manajemen operasional.

1

2

3

4

Sumber pemasukan

Iklan dalam arti luas, mencakup hard selling (penjualan langsung), sponsorship untuk suatu program atau acara, dll.

APBN untuk lembaga penyiaran public nasional dan APBD untuk lembaga penyiaran public daerah; siaran iklan, dll

Iuran anggota komunitas, hibah, sumbangan tidak mengikat, sponsor, dll.

Kriteria dan jumlah materi iklan

Terbuka luas 20% dari keseluruhan jamtayang

Tidak boleh menerima iklan hard selling, biasanya hanya sponsor program. Maksimal 15% dari keseluruhan jam tayangnya

Iklan layanan masyarakat, bukan iklan hard selling, biasanya berupa sponsor program. Maksimal 10% dari keseluruhan jam tayangnya.

Lembaga Penyiaran Berlangganan merupakan lembaga penyiaran berbentuk badan hukum Indonesia, yang bidang usahanya hanya menyelenggarakan jasa penyiaran berlangganan dan wajib terlebih dahulu memperoleh izin penyelenggaraan penyiaran berlangganan.

· Lembaga penyiaran berlanggan memancarluaskan atau menyalurkan materi siarannya secara khusus kepada pelanggan melalui radio, televisi, multi media, atau media informasi lainnya.

· Lembaga penyiaran berlanggan terdiri dari: Lembaga penyiaran berlanggan melalui satelit; Lembaga penyiaran berlanggan melalui kabel; dan Lembaga penyiaran berlanggan melalui terestrial.

· Pembiayaan Lembaga penyiaran berlanggan berasal dari: a. Iuran berlanggan; b. Usaha lain yang sah dan terkait dengan penyelenggaraan penyiaran.

· Lembaga penyiaran berlanggan melalui kabel dan melalui terestial harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: memeliki jangkauan siaran yang meliputi satu daerah layanan sesuai dengan izin yang diberikan; dan menjamin agar siarannya hanya diterima oleh pelanggan.

ditulis dengan judul : Lembaga lembaga Penyiaran

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori