Menambahkan TextView pada Aplikasi Android | mahanani

Menambahkan TextView pada Aplikasi Android

Baca Juga :

Pada modul sebelumnya kita telah menggunakan input box, button dan label. Komponen user interface ini disebut widget. Beberapa widget dasar adalah: TextView, Button, Image, EditText, CheckBox, RadioButton.

Setiap widget memiliki property atau atribut yang mengatur bagaimana widget itu ditampilkan, seperti tinggi dan lebar widget. Property ini dapat diset melalui xml layout atau melalui program. Beberapa widget memiliki beberapa event yang ter-trigger berdasarkan aksi dari pengguna, misalnya event click pada button.

Detil property dan event untuk setiap widget dapat dilihat di: http://developer.android.com/reference/android/widget/package-summary.html (scroll sedikit ke bawah, di bagian classes)

Text View

Untuk menampilkan label. Beberapa contoh property dari TextView adalah android:textSize, android:textStyle, android:textColor.

clip_image001

Hasilnya:

clip_image003

Catatan: pada atribut textSize, direkomendasikan menggunakan ukuran sp. sp singkatan dari scaled-pixel yang memperhitungkan kepadatan resolusi dan juga preferensi ukuran font dari pengguna.

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori