Tutorial Wirecast untuk Mengolah Video | mahanani

Tutorial Wirecast untuk Mengolah Video

Baca Juga :

Untuk menjalankan program Wirecast, yang Anda butuhkan adalah sebuah komputer dan koneksi internet. Wirecast mempunyai kemampuan streaming intuitif dan sepenuhnya terintegrasi sehingga memudahkan siapa saja yang ingin berbagi pengalaman hidup dan membangun sebuah komunitas global. Dengan wirecast, streaming kamera memungkinkan anda untuk mengikut sertakan media lain seperti film, gambar, suara, dll Fitur termasuk Chroma Key (biru / layar hijau), transisi dan built-in judul yang dapat membuat siaran anda terlihat lebih professional.  image

 

Halaman muka (main window) dari Wirecast adalah seperti pada gambar berikut :

clip_image002[6]

Main window pada wirecast

a. Pada main window, terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :

1. Live Broadcast

Bagian ini adalah untuk menampilkan (preview) apa yang akan Anda siarkan.

2. Shot List

Adalah ikon-ikon yang terdapat dibawah live broadcast. Ikon ini adalah daftar jenis video yang dapat Anda pilih.

clip_image003[6]

Broadcast area dan Shot list

  1. Auto Live

Sebelum Anda mulai bagian ini, pastikan bahwa semua layer terlihat (tidak ada tanda silang merah), dan Anda berada di layer “Normal”. Sampai pada titik ini, wirecast telah berjalan pada modus AutoLive. ini berarti bahwa perubahan apapun yang akan anda lakukan pada jendela utama secara otomatis akan hidup, atau akan ditampilkan gambar yang sebenarnya, sehingga anda tidak perlu melakukan pengeditan shot. Untuk membuatnya tidak tampil secara otomatis, anda bisa mengklik Turn off AutoLive Jika anda dengan meng-klik tanda kotak centang AutoLive. Kotak centang akan terlihat seperti ini:

clip_image004[6]

AutoLive

Catatan:

Ketika AutoLive tidak aktif, Anda harus selalu menekan Go (atau Ctrl + G) untuk mengatur setiap perubahan yang telah Anda buat.

clip_image006[6]

Tombol Go

Pertama kali Anda membuka aplikasi wirecast, klik lah tombol preview yang ada di sebelah kanan atas agar jendela wirecast terbagi menjadi 2, yaitu bagian persiapan atau preview dan bagian yang ditampilkan. Seperti gambar di bawah ini:

clip_image008[6]

Preview main window
Dibawah ini adalah fitur – fitur yang ada pada jendela wirecast:

clip_image010[6]

Area kerja pada Wirecast

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar anda

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id

Kategori