, ,

6 Fungsi Ekstrak Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

October 11, 2017

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman yang telah digunakan untuk perawatan kulit sejak ribuan tahun silam. Tanaman yang bisa hidup di lingkungan kering ini bahkan dijuluki sebagai tanaman keabadian karena telah digunakan oleh wanita-wanita Mesir kuno untuk membuat wajahnya jadi awet muda dan cantik.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemanfaatan lidah buaya terus dikembangkan oleh banyak pihak. Tanaman yang memiliki lendir ini tidak lagi dimanfaatkan secara tradisional. Beberapa pabrik kosmetik mulai membuat ektraknya agar mudah diaplikasikan pada kulit.
Oh ya, selain untuk masalah pengaplikasian, pembuatan ekstrak lidah buaya juga dilakukan agar fungsi utama dari tanaman bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak. Dengan dibuat menjadi sabun jerawat atau krim kecantikan, Anda bisa merasakan berbagai manfaat lidah buaya seperti yang tersaji di bawah ini.

1. Membuat Kulit Tidak Berminyak
Esktrak lidah buaya biasanya digunakan sebagai campuran sabun jerawat. Sabun ini berguna untuk mengurangi minyak pada kulit. Sedikit demi sedikit, kulit akan mulai kesat dan tidak terlihat mengilap dari kejauhan. Setelah kulit tidak berminyak bakteri yang menyebabkan jerawat tidak akan menempel lagi.
Bagi wanita, fungsi ekstrak lidah buaya akan membuat kulit mereka jadi lebih lembut. Selian itu, mereka juga tidak perlu lagi menyembunyikan jerawat atau bekasnya dengan makeup yang banyak menggunakan bahan kimia.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar
Esktrak lidah buaya yang dicampur dengan gel bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Kandungan antioksidan pada lidah buaya bisa diserap dengan baik oleh kulit yang terbakar sinar matahari atau terkena api dengan tingkat keparahan ringan ke sedang.
Dengan perawatan yang rutin, ekstrak lidah buaya akan menyembuhkan luka dengan sempurna. Untuk luka bakar yang agak serius, proses penyembuhan bisa dilanjutkan dengan menghilangkan bekas lukanya.

3. Menghilangkan Jerawat
Esktrak lidah buaya dalam bentuk gel bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat baru muncul. Gel biasanya mengandung dua hormon bermanfaat bernama Auxin dan Gibberellins. Dua hormon ini berperan sebagai obat jerawat dengan menghilangkan bisul dan mengecilkan pembengkakan pada kulit yang kerap membuat wanita jadi resah.
Gibberellins yang terkandung di dalam gel juga mampu memicu munculnya sel baru. Dengan sel baru, kulit akan sembuh kembali dan jerawat jadi hilang dengan sempurna. Selain menyembuhkan jerawat dengan baik, gel juga berguna untuk memberikan rasa dingin dan menghilangkan rasa gatal serta perih yang berlebih pada kulit.

4. Menyamarkan Selulit
Bagi wanita yang baru melahirkan atau wanita yang baru saja kehilangan banyak lemak tubuhnya, selulit kerap muncul pada perut, kaki, dan lengan. Munculnya garis-garis pada kulit ini tentu membuat wanita jadi panik. Apalagi kalau jumlahnya banyak dan susah dihilangkan.
Untuk mengatasi hal ini, krim atau gel dengan ekstrak lidah buaya bisa diaplikasikan pada bagian yang memiliki garis. Dengan pemakaian rutin, selulit akan tersamarkan meski tidak seluruhnya bisa dihilangkan.

5. Mencegah Penuaan Dini
Bagi wanita, penuaan dini adalah masalah paling serius dan harus diwaspadai. Untuk membuat kulit tetap kencang dan tidak memiliki kerutan di wajah, mereka kerap membeli kosmetik atau melakukan perawatan mahal.
Nah, untuk menghindari penuaan dini, ekstrak lidah buaya bisa digunakan. Biasanya bahan itu terkandung di beberapa krim perawatan yang membuat sel kulit terus meremajakan diri setiap harinya.

6. Membuat Kulit Lebih Kenyal dan Putih
Ekstrak lidah buaya mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin. Setidaknya ada 75 nutrisi dan vitamin yang bisa membuat kulit jadi terlihat lebih kenyal dan putih. Ekstrak lidah buaya bisa dioleskan kulit wajah, tangan, kaki, dan bagian kulit lain yang tertutup.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan ekstrak lidah buaya bisa dipadukan dengan lidah buaya asli. Anda bisa mengambil bagian dalam dari lidah buaya lalu dihaluskan agar menjadi gel. Selanjutnya, gel alami ini dioleskan pada kulit hingga mengering sebelum akhirnya dicuci bersih dengan menggunakan air hangat.


Inilah enam fungsi ekstrak lidah buaya bagi kulit. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum melakukan perawatan kulit.

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

EclipseBeautyCare