, ,

Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Kandungan Merkuri pada Produk Kecantikan Abal-Abal

October 12, 2017

Menjadi cantik dan menarik tentu merupakan impian hampir setiap perempuan. Selain mengatur pola hidup, memoles diri dengan berdandan, cara yang umum dilakukan mereka agar terlihat makin memesona adalah melakukan perawatan wajah dan tubuh dengan aneka produk skin care.

Banyak sekali jenis produk perawatan wajah dan tubuh yang dijual di pasaran, mulai dari yang aman dan bersertifikat BPOM, sampai yang ilegal dan mengandung bahan berbahaya merkuri. Sayangnya, karena ingin memiliki wajah yang cantik dalam waktu sesingkat-singkatnya, kebanyakan perempuan cenderung lebih suka memilih kosmetik bermerkuri.

Ya, dibandingkan dengan produk kecantikan lain yang aman, produk bermerkuri memang menjanjikan hasil dan proses yang lebih cepat. Namun, ingat, ada bahaya yang mengintai ketika Anda memakai produk kosmetik abal-abal yang mengandung merkuri.

Apa Sih Merkuri Itu?
Merkuri yang dalam ilmu kimia bernama Hydrargyrum (Hg) merupakan cairan logam perak yang sering ditemukan pada batu-batuan, bijih besi, tambang, tanah, air, serta udara. Dalam bahasa lain, zat ini juga lazim disebut air raksa.

Meskipun dipakai di pertambangan, merkuri juga bisa ditemukan di produk-produk kecantikan kulit karena zat tersebut terbukti mampu menghambat pembentukan melanin yang menghasilkan kulit bersih dan cerah dalam waktu singkat.

Namun, jangan mudah terkecoh dengan hasil instan yang ditawarkan produk kecantikan bermerkuri, sebab alih-alih menjadi cantik sampai tua nanti, justru gangguan kesehatanlah yang akan Anda dapatkan di kemudian hari.

6 Bahaya Kandungan Merkuri pada Tubuh
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri sudah berulang kali memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya merkuri bagi kesehatan, di antaranya:

1.      Terganggunya Fungsi Otak
Pemakaian kosmetik bermerkuri pada jangka panjang ternyata dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak. Pada tahap yang lebih serius, otak bahkan akan mengalami kerusakan sehingga tidak mampu lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

2.      Timbulnya Rasa Cemas dan Gugup
Jika tubuh sudah terlalu lama terpapar merkuri, biasanya akan muncul keluhan-keluhan yang terkesan sepele, seperti rasa cemas, gelisah, serta gugup. Jangan anggap enteng hal ini, sebab rasa cemas tak beralasan bisa mengindikasikan ada sesuatu tidak beres yang terjadi pada tubuh Anda. Segera periksakan diri ke dokter, ya.

3.      Kerusakan Liver dan Ginjal
Merkuri yang telanjur masuk ke tubuh, baik dikonsumsi (ikan laut yang tercemar) maupun terserap lewat pori-pori kulit (pemakaian kosmetik abal-abal) dapat membuat terganggunya sistem kerja liver dan ginjal dalam menyaring racun.

Jika berlangsung dalam waktu lama, hal ini akan memicu kerusakan pada kedua organ vital tersebut, dan bukan tidak mungkin menyebabkan kematian usia dini. Jadi, jangan asal pilih kosmetik ya.

4.      Bayi Lahir Cacat
Merkuri yang terdapat dalam kosmetik tak berlabel BPOM juga ternyata memiliki dampak buruk bagi ibu hamil dan janinnya, salah satunya adalah risiko bayi lahir cacat, baik cacat fisik maupun otak.

Nah, untuk itu lebih baik hindari menggunakan kosmetik abal-abal baik saat hamil maupun tidak. Selain merusak tubuh, zat ini juga akan mengganggu pertumbuhan janin dalam rahim. Bunda tentu tidak mau, kan, si kecil lahir dengan cacat bawaan yang tak bisa disembuhkan seumur hidupnya?

5.      Kanker Kulit
Jika sudah terpapar merkuri, lapisan kulit luar perlahan akan mengelupas sehingga terlihat lebih putih dan cerah. Namun, jangan terkecoh, sebab hal ini justru berbahaya bagi kesehatan Anda.

Terhambatnya produksi melamin akan membuat kulit lebih “rapuh”, terutama saat terpapar terik matahari. Rasa panas, iritasi, gatal-gatal, dan kulit memerah akan Anda rasakan jika menggunakan kosmetik dengan kandungan berbahaya. Jika tidak ditangani secara serius, bukan tidak mungkin akan berujung pada timbulnya kanker kulit.

6.      Rusaknya Jaringan Epidermis
Pemakaian produk kecantikan bermerkuri dalam jangka panjang akan menyembabkan rusaknya jaringan epidermis kulit. Salah satu tandanya adalah ketidakmampuan kulit untuk bertahan di segala musim.

Nah, setelah mengetahui bahaya merkuri bagi tubuh, Anda tentu sudah lebih cerdas dong ya memilih kosmetik yang baik dan tidak? Agar lebih yakin memilih produk kecantikan yang aman, pakai saja Eclipse Soap Bar yang bisa dibeli lewa akun Instagram-nya, @eclipsebeautycare.

Ingat, sebab cantik itu butuh proses!

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

EclipseBeautyCare