Wednesday, October 11, 2017

Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Justru Bikin Jerawat Makin Betah di Wajah

) no-repeat center center;background-size:cover'>

Hati-Hati, 8 Kebiasaan Ini Justru Bikin Jerawat Makin Betah di Wajah


Jerawat merupakan satu dari sekian permasalahan kulit yang sering dialami oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Jerawat sendiri umumnya disebabkan oleh tersumbatnya sel kulit mati, kotoran, serta sebum dan minyak dalam kulit sehingga memunculkan peradangan yang dalam bahasa sehari-hari disebut dengan jerawat.

Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, lengan atas, dada, dan kulit kepala. Selain lalai menjaga kebersihan tubuh, ada kebiasaan lain yang terkesan sepele tapi bisa menyebabkan munculnya jerawat, yaitu:

1.      Terlalu Sering Cuci Muka
Heran mengapa jerawat tak pernah hilang dari muka padahal Anda sudah berusaha menjaga kebersihan semaksimal mungkin? Bisa jadi penyebabnya adalah karena Anda terlalu sering mencuci muka.

Ya, terlalu sering mencuci muka justru bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Kulit mengandung minyak alami yang berfungsi untuk menjaganya agar tetap lembap. Nah, saat mencuci muka, kulit akan dipaksa memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih banyak. Hal inilah yang akan merangsang jerawat.

2.      Memegang dan Memencet Jerawat
Jerawat di muka memang sangat menggiurkan untuk dipegang dan dipencet. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena memencet jerawat hanya akan membuat pori tersumbat dan tertekan lebih dalam. Selain menyebabkan peradangan dan infeksi, kebiasaan ini juga akan menyebabkan bekas jerawat muncul saat luka sudah kering.

Jika tidak tahan dengan rasa sakitnya (ya, beberapa jerawat kadang menimbulkan rasa sakit), Anda bisa mengoleskan es batu di bagian kulit yang berjerawat. Ingat, jangan menyentuhnya langsung dengan tangan.

3.      Tidak Segera Membersihkan Kosmetik
Jika aktivitas sehari-hari menuntut Anda untuk selalu memakai kosmetik, jangan malas untuk segera menghapus dan membersihkannya saat pulang. Selain membuat wajah kurang nyaman, tidak membersihkan kosmetik yang menempel di muka juga bisa menyebabkan munculnya jerawat.
Selain membersihkan make-up sebelum tidur, ada baiknya Anda juga membeli jenis kosmetik yang bebas minyak dan tidak menyebabkan munculnya komedo (non-comedogenic).

4.      Makan Sembarangan
Jenis asupan yang masuk ke tubuh juga berpengaruh besar terhadap kondisi kulit kita, lho. Selain gorengan, makanan-makanan yang manis seperti cokelat, biskuit, kue, dan semacamnya juga diyakini sebagai pemicu utama munculnya jerawat di wajah.

Karenanya, mulai sekarang perhatikan makanan apa yang Anda konsumsi, apakah bermanfaat atau tidak. Sayur, buah, dan air putih merupakan detoks alami yang ampuh untuk mencegah jerawat dan mempercantik kulit. Yuk, back to nature!

5.      Tidak Menjaga Kebersihan Rambut
Ya, malas menjaga kebersihan rambut juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat, baik di wajah maupun punggung, terlebih jika Anda memiliki poni. Untuk itu, jagalah kebersihan rambut dengan rutin melakukan keramas 2 sampai 3 kali seminggu.

Selain keramas, baiknya jauhkan diri dari produk-produk perawatan rambut yang dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kepala seperti gel, wax, minyak rambut, dan semacamnya. Plus, jangan biarkan produk rambut ini menetes pada area wajah, ya.

6.      Penggunaan Gadget
Siapa sangka, gadget yang setiap hari kita pakai ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah? Sadar tidak sadar, benda ini merupakan rumah bagi jutaan bakteri penyebab jerawat. Pun saat menelepon, bakteri tersebut akan menempel ke muka dan menyebabkan jerawat.
Nah, penting bagi Anda untuk mengelap gadget dengan tisu sesering mungkin. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan headset agar tidak ada kontak langsung antara gadget dengan kulit wajah saat bertelepon.

7.      Jarang Olahraga
Rutin berolahraga merupakan kunci mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat. Saat berolahraga, banyak hormon bermanfaat yang dilepaskan tubuh, termasuk endorfin. Selain bagus untuk kulit, hormon ini juga sangat ampuh untuk mengelola stres. Anda tentu tahu, kan, kalau satu dari sekian penyebab jerawat adalah stres?

8.      Malas Mengganti Sarung Bantal
Jika tidak ingin wajah Anda menjadi sarang jerawat, mulai sekarang rajinlah mengganti sprei dan sarung bantal minimal 2 minggu sekali.


Nah, itu dia hal-hal sepele yang menyebabkan jerawat makin betah di wajah. Yuk, jangan malas merawat diri!

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search