Wednesday, October 11, 2017

Tips Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat


Jerawat merupakan salah satu masalah serius bagi kulit wajah. Bagi para wanita, kemunculan bintik merah yang satu ini pasti akan membuat pusing tujuh keliling. Oleh sebab itu, ketika jerawat sudah muncul di wajah, banyak dari mereka yang mencari segala cara untuk menghilangkannya, mulai dari menggunakan masker wajah, obat jerawat, hingga pergi ke klinik kecantikan.

Jerawat bisa muncul kapan saja. Dari pada menunggu jerawat muncul di wajah, tentu akan lebih baik jika kita bisa mencegahnya, bukan? Nah, agar bisa selalu tampil cantik tanpa jerawat, berikut adalah beberapa tips pencegahan yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

1.   Jaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin terkena masalah jerawat. Minimal, lakukan rutinitas ini 3 kali sehari, yaitu pada saat mandi pagi, mandi sore, serta sebelum tidur.
Dalam membersihkan wajah, gunakan air hangat dan sabun pembersih, jangan menggunakan sabun untuk badan yang berbahan kimia, sebab bisa melukai dan menimbulkan iritasi pada kulit wajah.
Selain itu, perhatikan juga kebersihan handuk yang Anda gunakan untuk mengelap wajah. Apabila handuk yang Anda pakai tidak bersih, kuman-kuman yang ada pada handuk bisa menempel di wajah dan menjadi penyebab jerawat.

2.   Hindarkan wajah dari paparan sinar matahari secara langsung

Tips berikutnya untuk mencegah kemunculan jerawat pada kulit wajah adalah dengan menghindarkan wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Saat berada di luar ruangan atau sedang bepergian, selalu gunakan tabir surya untuk melindungi wajah.
Selain tabir surya, Anda juga bisa melindungi wajah dengan masker, topi, ataupun kerudung. Karena di samping melindungi wajah dari sinar matahari, alat-alat tersebut juga bisa melindungi Anda dari asap kendaraan yang mungkin mengenai wajah.

3.   Perbanyak konsumsi air putih

Mencegah timbulnya jerawat juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih. Air putih dapat menetralisir racun dan zat-zat kimia yang ada di dalam tubuh, tidak terkecuali di kulit wajah. Dengan banyak minum air putih, kelembaban kulit wajah akan selalu terjaga dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit akan keluar. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan wajah, sangat dianjurkan untuk minum air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari.

4.   Berolahraga dengan rutin

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, tidak terkecuali masalah. Dengan berolahraga secara teratur, sistem metabolisme tubuh akan bekerja secara lancar, sehingga zat-zat kimia atau racun yang ada di dalam tubuh akan keluar bersama keringat. Bagi kulit wajah, efeknya akan menjadikan kulit wajah semakin kencang, sehat, dan bebas dari masalah jerawat.

5.   Gunakan masker alami

Merawat wajah agar terhindar dari masalah jerawat tidak harus dengan pergi ke salon ataupun klinik kecantikan. Ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat, salah satunya dengan menggunakan masker alami dari alpukat.
Cara membuat masker ini pun cukup mudah. Cukup dengan menghaluskan alpukat dan mencampurkannya dengan minyak zaitun yang berguna untuk menghaluskan kulit. Jika ingin kulit wajah semakin kencang, Anda juga bisa mengganti atau menambahkan putih telur di dalamnya. Selain alpukat, bahan alami lainnya yang juga berkhasiat mencegah timbulnya jerawat adalah tomat dan jeruk lemon.

6.   Konsumsi bahan makanan yang dapat membantu mempercepat pembentukan regenerasi kulit

Tips berikutnya untuk mencegah masalah jerawat adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang dapat membantu proses regenerasi kulit, yaitu buah dan sayur. Kedua bahan makanan ini sudah terbukti kaya akan kandungan serat serta antioksidan yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Untuk itu, pastikan tomat, semangka, anggur, apel, jeruk, pisang, wortel, brokoli, aprikot, serta buah dan sayur lainnya ada di menu sehat sehari-hari Anda, ya!

7.   Hindari stres

Terakhir, hindarkan diri dari rasa strss. Banyak para ahli percaya bahwa kondisi mental dan emosional dapat mempengaruhi semua aspek kesehatan, termasuk kondisi kulit. Bahkan, beberapa penelitian juga telah mengungkapkan bahwa stres dapat menyebabkan jerawat di kulit wajah bertambah parah. Untuk itu, tenangkan hati, pikiran, dan hindarkan diri dari masalah-masalah yang dapat membuat Anda stres.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat. Jika Anda mencari produk perawatan wajah yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, sabun anti jerawat dari Eclipse Beauty Care bisa menjadi jawabannya. Untuk melihat detail produknya, Anda bisa mengunjungi website www.eclipse.co.id atau membuka akun Instagramnya di tautan berikut https://www.instagram.com/eclipsebeautycare/

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search