Wednesday, October 11, 2017

Wajah Kering dan Kusam? Inilah Tujuh Cara Mengatasinya!

Bagi sebagian orang, kulit kering memang jadi satu masalah yang amat “menjengkelkan”. Selain tekstur jadi terasa kaku, kasar, dan bersisik, kondisi mengelupas juga ikut berdampak pada turunnya kepercayaan diri. Apalagi, hal ini biasanya diikuti oleh tampilan kulit yang kusam dan tidak segar, hingga sejumlah keluhan lain seperti rasa gatal, bahkan rasa nyeri.
Dalam kasus umum, kondisi kulit kering disebabkan oleh banyak hal. Ini mencakup pemakaian sabun (maupun kosmetik) yang salah; perubahan cuaca yang berdampak pada kelembapan kulit; iritasi akibat produk kimia; dehidrasi; hingga pertambahan usia. Adapun sebagai solusinya, berikut adalah tujuh cara mengatasi kulit kering yang harus Anda ketahui.
1. Konsumsi Cukup Air Putih
Kendati sepele, tidak dapat dimungkiri konsumsi air putih punya peran yang amat besar, bagi kondisi kulit yang lembap dan halus. Menariknya, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak usaha dan biaya untuk merasakan manfaat alaminya.
Selain memegang andil dalam proses detoksifikasi, air putih mampu melancarkan distribusi nutrisi, pun memastikan tubuh tidak dehidrasi (kekurangan cairan). Hal ini penting, mengingat pembentukan kolagen amat bergantung pada kondisi tubuh yang terhidrasi. Nah, baik/buruknya pembentukan kolagen inilah, yang pada akhirnya berperan dalam elastisitas dan kelembapan kulit.
Adapun untuk hasil maksimal, pastikan Anda minum minimal 1,5 liter air putih per hari. Jika perlu, Anda bisa menambahkan asupan cairan saat sedang beraktivitas berat.
2. Ubah Frekuensi dan Durasi Mandi
Alih-alih berdampak baik bagi kebersihan, frekuensi serta durasi mandi yang terlalu sering dan lama, justru bisa membuat kulit jadi semakin kering. Asalkan dilakukan dengan benar, bersih, dan menyeluruh, mempersingkat frekuensi dan waktu mandi tidak akan jadi masalah, kok. 
3. Hindari Paparan Cahaya Matahari
Tidak menutup kemungkinan, ada saatnya Anda harus beraktivitas di luar ruangan. Kendati mustahil tidak terpapar sinar, ada baiknya untuk menghindari cahaya Matahari secara langsung. Bagaimanapun, sinar UV yang terkandung di dalamnya, dipastikan buruk bagi kulit. Ini bukan hanya soal kulit kering dan kusam. Lebih jauh, sejumlah studi membuktikan, sinar UV bahkan menjadi penyebab sejumlah penyakit kulit, salah satunya: kanker.
4. Olahraga Teratur
Penelitian membuktikan, sekitar 50% orang dengan kulit kering, cenderung kurang melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Padahal, pengeluaran keringat saat olahraga justru membantu melembapkan kulit secara alami.
5. Asupan Makanan Sehat dan Bernutrisi
Biasakan diri mengonsumsi buah dan sayuran. Selain kaya serat, jenis makanan ini juga memiliki kandungan air yang banyak. Belum lagi, soal vitamin dan mineral tinggi—yang pada akhirnya mampu menutrisi dan membantu proses regenerasi sel kulit.
6. Gunakan Pelembap
Pada banyak kasus, aplikasi pelembap merupakan salah satu cara “instan” untuk mengatasi kulit kering dan kusam dari luar. Apalagi, Anda dapat menemukan jenis pelembap berbentuk losion atau body butter di banyak toko kecantikan atau pasar swalayan.
Namun, harus diingat untuk tetap memastikan produk sesuai dengan karakter kulit. Pertimbangkan pula, kandungan bahan-bahan dalam pelembap. Sebagai informasi, beberapa kandungan yang ampuh untuk mengatasi kulit kering, yakni lidah buaya (aloe vera), alpukat, lemon, dan bahan-bahan lain.
Gunakan pelembap setelah mandi atau justru mencuci wajah. Oleskan pula losion pada kulit, terutama pada area yang sering terpapar sinar Matahari. Adapun bagi Anda yang menginginkan cara alami, bisa membuat sendiri pelembap dari jeruk nipis atau memanfaatkan minyak zaitun.
7. Masker Wajah
Kini, tersedia banyak masker dengan ragam kandungan dan manfaat  yang bisa Anda temukan dengan mudah di banyak toko swalayan. Nah, untuk fungsi melembapkan kulit, Anda dapat mencoba membuat sendiri masker alami dari berbagai bahan seperti madu, lidah buaya, buah pisang, minyak zaitun, lemon, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa cara pengaplikasiannya:
a. Madu
Sudah jadi pengetahuan umum, selain menyehatkan, madu juga baik bagi kulit. Bukan hanya berperan sebagai pelembap wajah alami, madu juga mampu menghaluskan, mencerahkan, serta menyegarkan kulit.
Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu asli pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dulu. Diamkan hingga beberapa menit, lalu basuh wajah dengan air dingin hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
b. Pisang
Siapkan buah pisang secukupnya, lalu blender hingga halus. Oleskan pasta pisang (Anda bisa mencapurnya dengan aneka bahan seperti madu, susu, hingga lemon) ke bagian wajah, diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan air dingin.
c. Lidah Buaya
Populer dengan fungsi melembapkan dan menyegarkan kulit, menjadikan lidah buaya satu bahan yang tepat untuk masker alami bagi kulit kering dan kusam. Apalagi, cara memanfaatkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan lidah buaya segar (baru dipetik), mengambil gel/getahnya; lalu oleskan pada bagian wajah yang diinginkan. Tunggu dan diamkan hingga kering dan kaku, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin. 
Itulah tujuh cara mengatasi kulit kering yang sudah pasti mudah, murah, dan minim risiko. Untuk cara lain, Anda bisa mencoba produk Eclipse Soap Bar, yang bisa Anda beli melalui situs www.eclipse.co.id atau di akun Instagram, @eclipsebeautycare.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search