Sudut Pandang

Di hari ke 26 – 27 bulan november ini, pas di libur mingguan saya beserta beberapa teman yang tergabung dengan Kelas Business Model mengadakan Bootcamp. Bootcamp ini dilakukan setelah 3 kali pertemuan kelas di Pondok Bambu, workshop Alurkria. Bertempat di sebuah Villa yang ada di kawasan Puncak daerah Cisarua – Bogor, suasan berjalan dengan gayeng dan menyenangkan.

Beberapa peserta kelas yang memang sudah mempunyai keluarga, sengaja mengajaknya untuk sekaligus mempererat persaudaraan dengan istri peserta lain dan juga sekaligus mengajak anak-anak mereka berlibur di akhir pekan. Kebetulan lokasi bootcamp memang dekat dengan Taman Safari Bogor. Sehingga sangatlah pas untuk sekalian berlibur.

Setelah perjalanan selama 2 jam yang cenderung lancar, akhirnya acara pun segera dipersiapkan. Dimulai dengan membedah sebuah bisnis dari salah satu peserta, yang disertai dengan banyak argumentasi dan perdebatan. Semua memaparkan idenya yang memang bagus dan segar untuk dilaksanakan, yang segera saya tambahi untuk tidak cepat puas dengan ide yang didapat.

Satu-per-satu peserta kelas Business Model memaparkan konsep usahanya masing-masing berdasarkan 9 block yang dimiliki dalam business model. Dari berbagai usaha dan konsep, saya dapat banyak pelajaran bahwa begitu banyak hal yang bisa dikerjakan dari setiap bisnis teman-teman peserta kelas. Sehingga saya selalu menyarankan teman-teman untuk selalu fokus dan konsisten dengan semua hal yang telah mereka tuliskan di presentasinya.

Ada satu presentasi dari salah satu peserta yang memaparkan konsep Agribisnisnya dan membuat saya terperangah. Betapa dunia pertanian sebenarnya sangatlah banyak yang bisa dikerjakan dan dikembangkan. Dengan kenyataan bahwa petani selalu menjadi obyek penderita dalam rangkaian rantai makanan. Saya semakin bersemangat untuk berbagi pengetahuan tentang inovasi, strategi marketing, semampu saya.

Kemudian juga ada yang memaparkan konsep bisnis yang begitu hebat niche-nya, karena pada dasarnya produk yang dimiliki oleh teman ini adalah kebutuhan oleh banyak orang, terutama ibu muda dengan balitanya. Saya memberi kesempatan pada teman untuk mengembangkannya lebih dulu, tentu dengan kesiapan untuk membantunya setiap saat dibutuhkannya. Saya suka dengan teknologi ramah lingkungan yang diusungnya. Indonesia butuh banyak hal seperti ini.

Suasana selalu heboh dengan banyak candaan, tertawa dengan sesekali masukan dari peserta lain kepada peserta lain. Disinilah keindahan suasana kebersamaan di kelas business model. Semua sama, equal. Membuang semua rasa ketinggian atau jabatan ataupun rasa keakuan. Karena selalu saya tekankan untuk tetap selalu BERMAIN.

Semoga teman-teman menikmati apa yang mereka dapatkan dan saya paparkan. Tidak ada yang sempurna dan saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk ikut berbagi di BOOTCAMP kelas business model.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar